How to keep sane in the midst of a lot of sharing from momfluencer?



Kerasa gak sih kalau di dunia digital gini bikin kita kelelep sama too much information? Jujur sebelum punya anak santai aja sih masalah orang kebanyakan sharing A-Z versi mereka. Gak terlalu bikin pusing dan dibawa masuk ke otak. Kayak angin lalu aja sih tepatnya. 

Tapi mulai kerasa overwhelmed ketika udah puny anak. WOW WOW WOW banyak bgt ya ternyata momflunecer yg seolah2 merangkat jadi dokter anak, dokter laktasi, dokter ahli gizi, you name it lah ya! Apalagi jaman2 masih new born, puyeng ya mak baca tips2 dan masukan para bunda2 online AHAHAH. Alhamdulillah sekrang udah waras nih, udah balik ke jati diri sebelum punya anak yg gak ambil pusing, harus enjoy pokoknya hidup cuma sekali #prinsipHidup ahaha

Cara paling ampuh itu sebenernya adalah harus tanya diri sendiri dulu, kenapa kita follow akun X. Sedikit intermezo, saya bikin akun IG dengan username baru ini udah niat gak akan pake prinsip “saya kenal situ, yaudah saya follow, saya kenal situ, berarti saya harus like dan comment postingannya” ENGGAK. Saya bener2 treat IG ini layaknya sosial media aja. Ini bukan kehidupan nyata jadi tidak ada kewajiban kita merasa gak enakan sama temen di dunia digital. Silaturahmi bisa lewat DM, WA gak perlu kan follow2 IG for the sake of “kita kenal”. Jadi bener2 harus ada purposenya ketika follow IG orang. Misal nih mau belajar cara dia styling anaknya, mau belajar cara dia kasih makan anaknya, mau belajar ilmu tentang anak dari sumber terpercaya. Nah ketika kita udah punya tujuan yg jelas kenapa follow orang tersebut ketika dia posting atau influence sesuatu yg melenceng dari objective yaudah di skip story atau postingannya. 

Contoh practical ya : Saya follow mom X karena dia jago stying anaknya, lucu2 baju yg dia beli dan sesuai dengan tingkat ekonomi saya. Suatu ketika kok dia malah posting perbedaan susu UHT, Sufor dan ASI dan yg terbaik untuk anak berdasarkan umur. Nah yg kayak gini saya skip, gak saya baca. Jadi info yg dia share gak kebaca sama otak saya. As simple as, saya follow dia karena mau liat dia gaya2 an aja sama anaknya, kok tiba2 dia edukasi A-Z yg backgroundnya bukan dokter anak. Kalau salah nanti gimana? kita protes kesiapa? Bahaya kan. Nah ini salah satu trick yg saya pake. Pastikan informasi tentang anak itu ya bener2 harus dari ahlinya. Jangan ngarang2 ya bund follow orang terus ikutin A-Z dari orang tersebut tanpa paham ilmunya. Percayalah anak lahir gak pake manual book, jadi gak ada teori yg fit to all kids. Karena itu juga kita gak ada sekolah parenting pake SKS di sekolah formal. Karena teori di Asia pasti gak berlaku di Afrika kan. Jujur aja gak sih, ngurus anak itu susah dan ditambah beban social media yg semua di expose tanpa filter. 

Cara lain biar kita happy ditengah banyaknya sharing online tentang anak di digital adalah dengan melakukan montly review akun IG yg kita follow. HAAHHA bener deh ini membantu bgt. Se simple alokasikan waktu 5 menit aja (gak lama2 kok) terus unfollow akun yg kayaknya kita udah gak dapet meaning ditiap postingannya atau udah bingung liat apaan gak tau HAHA. Jadi berkurang kan tuh following kita, artinya berkurang juga jumlah story, postingan dan segala macem postingan yg muncul di instagram. Semakin sedikit informasi yg kita baca tapi berbobot. Kan lebih rapi aja ya otak inii pas main social media AHAHA. Karena gak ada aturan salah dan benar di dunia digital, semua orang bisa posting apa aja, tinggal kita yg pilah pilah dengan trick2 yg sesuai dengan pribadi masing2.

Terus kalau main IG dengan alasan kepo gimana? ya gpp juga. Intinya balik ke paragraf diatas, tentukan apa TUJUAN ktia follow orang tersebut, ketika dia udah gak sesuai dengan TUJUAN tadi saatnya UNFOLLOW, 

Semangat terus yuk urus anak yg bikin pusing tapi pas dia tidur bingung mau ngapain HAHA

Novella

No comments:

Post a Comment

Instagram